Kamis, 27 Maret 2014

Be a supermom, can I?

Tiga hari yang lalu Chacha berulang bulan ke 11, woow sungguh putri kecil saya semakin besar. Insyaallah bulan depan dia genap berusia 1 tahun. Ya Tuhan sudah 11 bulan ini saya menjalani peran sebagai ibu. Tenggelam dalam tugas-tugas rumahtangga dan mulai menjauh dari kehidupan publik. Aktivitas saya setiap hari dimulai pukul 03.00, kadang kalau kesiangan bisa-bisa baru mulai pukul 05.00. Mungkin bagi kebanyakan orang, pukul 03.00 itu terlalu dini untuk memulai aktivitas. Mungkin banyak juga ibu rumahtangga yang baru bangun pukul 05.00 dan biasa saja. Tapi tidak bagi saya, kalau memulai pukul 05.00 waah bisa berantakan semuanya.
Sebenarnya saya baru masak itu ya pukul 03.30, setelah melakukan shalat malam dan mengganti popoknya Chacha. Suami saya dari dulu selalu harus sarapan sebelum masuk kerja. Ya sarapan kan memang penting, sebagai sumber energi kita dalam menjalani rutinitas. Sebenarnya suami saya itu orangnya simple, di kasih sarapan telur ceplok pun dia nggak protes. Tapi saya nggak tega lah kalau dia Cuma sarapan seadanya. Jadi saya selalu menyajikan menu lengkap, nasi, sayur & lauk-pauk. Apalagi sekarang ada chacha yang sudah berusia 11 bulan, makanannya juga mulai berganti tekstur. Kalau dulu awal-awal mpasi Chacha Cuma makan pur buah atau pur sayur yang sekali masak bisa dibuat untuk dua atau tiga hari, sekarang kan sudah nasi tim. Jadi saya juga harus masak tiap hari untuk Chacha. Makannya semakin pagi saya bangun semakin cepat saya istrirahat.
Semua aktivitas di dapur harus sudah selesai pukul 06.00, karena itu jam Chacha bangun&jamnya suami sarapan. Setelah suami pergi ke kantor saya langsung memngurusi Chacha, ya memandikan dan memberi sarapan. Kadang disambi nyuci, beruntunglah kami sudah mampu membeli mesin cuci. Saya nggak bisa bayangkan kalau nggak ada mesin ajaib itu. Saya sebenarnya tidak hanya tinggal dengan suami dan anak saya saja, ada mama dan adik-adik saya. Selama ini mama yang bantu jaga Chacha, kalau nggak pasti saya nggak bisa ngapa-ngapain. Karena dari lahir sampai sekarang Chacha nggak bisa ditinggal sendirian. Jadi kalau saya urusin rumah, ya mama urusin Chacha, begitu pula sebaliknya.
Biasanya jam 09.00, chacha sudah tidur lagi. Kalau nggak ada kerjaan biasanya saya juga ikutan tidur. Tapi lebih sering nggak ikut tidur. Kalau chacha tidur pagi, saya beberes rumah, kalau nggak ya mempersiapkan materi  untuk mengajar. Ya selain sebagai ibu rumah tangga, saya juga bekerja. Tapi saya nggak bekerja fulltime, saya hanya seorang freelancer. Saya mengajar di sebuah bimbingan belajar, yang sudah tiga tahun saya jalani. Awalnya saya mengajar secara penuh di cabang Jakarta, tapi karena menikah maka saya pindah ke cabang surabaya dan berganti status sebagai pengajar freelance. Saya mengajar hampir setiap hari, kecuali hari minggu. Namun ada kalanya dalam seminggu saya hanya mengajar selama empat hari. Setiap hari rata-rata saya mengajar Cuma 2-3 jam.
Mengajar di bimbingan belajar itu lebih enak daripada di sekolah, ya karena waktunya di sore hari. Saat semua urusan rumah sudah beres dan juga hanya memakan waktu yang sebentar. Makanya saya nggak merasa khawatir dengan Chacha. Karena selain dia dijaga oleh mama, saya juga ninggalinnya nggak lama-lama. Ya mungkin inilah pekerjaan yang cocok untuk ibu rumahtangga seperti saya.
Kadang saat menjelang tidur saya banyak mengeluh. Merasa pekerjaan saya sangat melelahkan dan tidak ada habisnya. Apalagi Chacha semakin besar, dia juga semakin aktif. Butuh energi ekstra untuk bisa terus mengikuti tingkah polahnya yang sekarang mulai belajar berjalan. Jadi semakin nggak mau kalau di suruh duduk, maunya berdiri terus. Tapi saya jadi malu kalau ingat ada banyak perempuan yang lebih repot dari saya. Ada yang mengurusi anak sendirian, tanpa bantuan orangtua ataupun asisten rumahtangga. Ada juga yang working mom dari jam08.00-17.00 tapi juga bisa urus anak sendiri. Ah..,kok rasanya terlalu cengeng kalau saya mengeluh.

Mulai sekarang saya akan berusaha untuk belajar bersyukur menikmati hari-hari saya sebagai ibu rumahtangga. Mulai sekarang saya juga harus mulai banyak belajar menyajikan mpasi (makanan pendamping ASI) yang lebih kompleks untuk Chacha. Mulai sekarang saya akan belajar mengatur waktu agar semua tugas selesai dengan baik. Mulai sekarang saya juga harus mulai rajin menjaga kesehatan, agar bisa sehat terus dan menjalankan peran saya dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar