Selasa, 11 Maret 2014

STRUKTUR SOSIAL

A. PENGERTIAN
Sebuah tatanan sosial dalam masyarakat.


B. CIRI-CIRI
a)       Mengacu pada hubungan-hubungan sosial yang pokok
b)       Mencakup semua hubungan sosial antara individu
c)       Meliputi seluruh budaya dalam masyarakat
d)       Realitas yang bersifat statis, dan memiliki kerangka yang membentuk suatu tatanan
e)       Tahapan perubahan dan perkembangan dalam masyarakat.


C. FUNGSI
a)       Sebagai pengawas sosial
b)       Dasar untuk menanamkan suatu disiplin sosial kelompok atau masyarakat


D. BENTUK
a)       Stratifikasi sosial
Pembedaan masyarakat ke dalam kelas-kelas secara vertikal, yang diwujudkan dengan adanya tingkatan masyarakat dari yang paling tinggi sampai yang paling rendah.
b)       Diferensiasi sosial
Pembedaan masyarakat ke dalam kelompok-kelompok tertentu secara horizontal (tidak bertingkat). Pembedaan masyarakat tersebut didasarkan pada perbedaan ras, etnis atau suku bangsa, klen, agama, pekerjaan, dan jenis kelamin.


Bentuk Struktur Sosial Menurut Peter M Blau :
1. Interseksi : keanggotaan dalam kelompok sosial tersebut memiliki latar belakang ras, suku bangsa, ataupun agama yang berbeda-beda.
2. Konsolidasi : Kelompok sosial berkembang menjadi wadah bagi individu-individu yang memiliki latar belakang ras, suku, kebiasaan dan kepercayaan yang sama.

E. KOMPONEN STRUKTUR SOSIAL
1)       Status dan Peranan
Status atau kedudukan diartikan sebagai tempat atau posisi seseorang dalam suatu kelompok sosial, sehubungan dengan orang-orang lainnya dalam kelompok tersebut.
Peranan merupakan pola tindakan atau tingkah laku yang diharapkan dari orang yang memiliki status tertentu.
2)       Lembaga sosial
Lembaga sosial adalah alat untuk mengikat perilaku anggota masyarakat agar berperilaku sesuai dengan tatanan aturan yang menjadi kesepakatan kelompok sosial.
3)       Pelapisan sosial
Ketidaksamaan kualifikasi manusia di dalam kehidupan sosial menimbulkan perbedaan kepemilikan akan benda-benda yang berharga secara sosial ekonomi.
4)       Kelompok sosial
Kelompok sosial tidak hanya mencakup persoalan konsekuensi manusia sebagai makhluk sosial saja, tetapi dipahami sebagai pemilahan kelompok manusia atas dasar perbedaan dan persamaan karakter, watak, ciri, tujuan, dan kegemaran. 
5)       Dinamika sosial

Dinamika sosial merupakan salah satu kajian sosiologi yang membahas tentang perubahan-perubahan yang terjadi dalam kehidupan sosial. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar