Senin, 07 April 2014


Mujahidah ASI : Proud To Ayu Dyah Kusumaningrum

Jum’at 4 April 2014, berita duka itu datang. Terjadi kecelakaan kereta api Malabar jurusan Malang-bandung. Kereta jatuh ke jurang akibat tanah longsor di Tasikmalya, Jawa Barat. Tanah yang terus menerus diterpa hujan itu tidak kuat menahan beban kereta yang lewat diatasnya.
Banyak korban berjatuhan, salah satu korban yang mebuat hati saya ikut berempati akan kejadian ini adalah Ayu Dyah Kusumaningrum. Ayu Dyah Kusumaningrum masih berusia 27 tahun. Saya memang tidak mengenalnya secara personal, tapi saya tau kalau dia adalah salah satu member grup facebook AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia). AIMI adalah grup yang mengedukasi masyarakat tentang pentingnya ASI (Air Susu Ibu). Sudah hampir setahun saya menjadi anggota grup tersebut.
Mendengar tewasnya Ayu, saya tak kuasa menangis sesenggukan. Perjuangannya sebagai working mom yang tetap gigih memberikan ASI pada anaknya patut diacungi jempol. Ayu bekerja sebagai pegawai PT. KAI  berpisah jarak Bandung-Malang dengan buah hatinya yang masih berusia tujuh bulan, Muhammda Daffa Althaf Purnama. Setiap pekan Ayu selalu menyempatkan diri untuk pulang kemalang menjenguk buah hatinya dan juga memberikan stok ASIP (Air Susu Ibu Perahan). Ayu yang tewas dalam kecelakaan malabar, melakukan perjalanannya dalam rangka memberikan stok ASIP bagi buah hatinya yang ada di Malang. Subanallah....
Kisah Ayu ini sangat menginspirasi saya sebagai sesama ibu bekerja yang juga tetap berjuang memberikan ASI pada buah hati saya. Ayu memberikan saya untuk tetap semangat pumping ASI walaupun kadang sedang kelelahan. Ayu bisa dijadikan contoh bagi semua ibu yang bekerja bahwa walaupun bekerja kita tetap bisa memberi ASI. Tidak ada alasan bagi seorang ibu untuk tidak memberikan ASI bagi anaknya. ASI adalah rejeki dan hak anak kita. Adalah sangat dzalim jika seorang ibu tidak bersungguh-sungguh memberikan ASI pada anaknya. Dan perjuang seorang ibu dalam memberikan setiap tetes ASI adalah bentuk jihad yang sudah pasti akan mendapat pahala dari Allah.
Selamat jalan Ayu Dyah kusumaningrum, semoga Allah menerimamu di tempat yang terindah. Semoga jihadmu berbalas surga Nya yang abadi. Semoga putramu Althaf tumbuh menjadi anak yang sehat dan sholeh. Anak yang akan terus mendoakanmu disana. Ayo para ibu kita harus tetap bersemangat memberikan ASI. Ayo para ayah jadilah ayah ASI yang ikut mendukung ibu dalam memberikan ASI. Mari semangat ngASI for better generASI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar