Rabu, 13 Januari 2016

" Mengenalkan Jilbab Pada Anak Sejak Dini"


Allah Ta’ala berfirman,
“Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”.
Keajiban mengenakan jilbab adalah kewajibanyang sama dengan wajibnya shalat atau puasa. Dengan demikian, melatih anak perempuan mengenakan jilbab sama wajibnya dengan melatih anak untuk shalat atau berpuasa.
Begitu juga yang saya terapkan pada Chacha (33m), sejak usia 1 tahun saya mulai memakaikan jilbab.
Mengapa saya mulai sedini mungkin? Ada dua alasan.
Pertama, usia balita adalah periode emas perkembangan anak. Pada usia ini merupakan waktu yang ideal untuk bisa mengajarkan berbagai keterampilan dan kebiasaan-kebiasaan baik bagi anak, misalnya kebiasaan menggunakan jilbab.
Kedua, pembiasaan semenjak dini akan menjadikan anak merasa lebih nyaman dan tidak canggung lagi saat mengenakan jilbab yang merupakan kewajibannya.
Ada beberapa cara yang saya gunakan saat mulai membiasakan Chacha untuk memakai jilbab :
1. Saya selalu memilihkan bahan yang nyaman untuk jilbab yang dipakai, sehingga dia tidak akan merasa gerah.
2. Memberi contoh, saya percaya anak adalah peniru ulung. Anak akan lebih mudah mencontoh apa yang dia lihat. Alhamdulillah setiap hari dia melihat saya selalu memakai jilbab, Jadi dia tidak merasa seperti dipaksa untuk memakai jilbab. Yang bikin saya bersyukur dan bangga adalah apabila di rumah ada tamu laki-laki, dia juga akan ikut-ikutan memakai jilbab. Bahkan jika sekedar diajak ayahnya jalan-jalan sekitar rumah dia tidak pernah tidak memakai jilbabnya. Alhamdulillah.
3. Memberikan pujian, saya selalu memberi pujian kepada Chacha saat dia memakai jilbab. Pujian perlu diberikan kepada anak, agar anak mengetahui bahwa dia telah melakukan hal yang benar. Pujian yang saya berikan misalnya, "Chacha cantik sekali kalau pakai jilbab, Bunda bangga sama Chacha." Atau " Allah pasti sayang Chacha, karena Chacha sudah mau menuruti perintah Allah, dipakai terus ya nak jilbabnya."
4. Sejak usia 8 bulan, sebelum mulai memakaikan jilbab pada Chacha saya sering membacakan buku Halo Balita yang judulnya " Aku Cantik Pakai Jilbab". Manfaat membacakan buku Halo Balita yang berjudul "Aku Cantik Pakai Jilbab" akan membuat anak merasa senang untuk menggunakan jilbab. Selain itu anak juga mengetahui manfaat-manfaat yang didapat ketika dia memakai jilbab.
Dalam buku ini, Ibu mengajarkan kepada Saliha jika dia memakai jilbab rambut & lehernya tidak akan kena debu, dan rambutnya akan tetap rapi walaupun tertiup angin.
Yuk Ayah dan Bunda mari ajarkan memakai jilbab pada anak perempuan kita semenjak dini.
Bukankah termasuk ke dalam suatu hal yang membahagiakan ketika yang telah orang tua ajarkan itu diamalkan oleh anak-anaknya? Akan ada banyak pahala yang mengalir kepada orang tua tersebut, tidak hanya di dunia, bahkan sampai ketika orang tua tiada. Seperti yang telah Rasulullah saw. sabdakan sebagai berikut.
“Jika anak cucu Adam mati, terputuslah semua amalannya, melainkan tiga hal: sedekah jariah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendoakannya,” (H.R. Muslim)."
Semoga Allah memberikan kemudahan bagi kita semua dalam mendidik anak sehingga dapat menjadi anak yang saleh dan salihah. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar