Senin, 19 September 2016



SosialisASI Serentak AIMI Jawa Timur 2016

Setiap tahunnya pada tanggal 1 sampai 7 Agustus diperingati sebagai Pekan Asi Sedunia (PAS) atau World Breastfeeding Week.  Tahun 2016 tema PAS adalah “Breastfeeding is a Key of Sustanaible Development”. Peringatan PAS ini bertujuan untuk memberikan dukungan menyusui.
Menyusui merupakan  langkah awal untuk  mengupayakan kesejahteraan masyarakat dari awal kehidupan. Oleh karena itu tema nasional pekan ASI 2016 yang ditetapkan oleh  Kementerian Kesehatan Indonesia adalah  “Ibu menyusui sampai 2 (dua) tahun lebih hemat, anak sehat dan cerdas; dalam rangka mewujudkan keluarga sejahtera”. Dengan slogan “Ayo Dukung Ibu Menyusui”.
Dalam rangka memperingati PAS 2016 dan hari jadinya yang ke 6,  AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia) Jawa Timur mengadakan acara sosialisASI serentak 2016. Acara sosialisASI ini berlangsung pada hari Jum’at tanggal 5 Agustus 2016 di Puskesmas  Sidosermo Surabaya. Acara ini bertujuan untuk memberikan informasi dan mengedukasi mayarakat akan pentingnya memberikan ASI pada bayi. Bayi yang disusui hingga dua tahun akan tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas. Pemberian ASI tidak hanya bermanfaat bagi bayi saja, tetapi juga bagi keluarga dan Negara.
Dengan memberikan ASI dapat menghemat pengeluaran keluarga. Keluarga tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli susu formula dan segala sarana pendukungnya (dot, alat sterilisasi, dan lain sebagainya). Selain itu ASI juga mampu menekan pengeluaran berobat keluarga. Anak ASI jarang sakit, dan Ibu menyusui akan menjadi sehat dan terhindar dari berbagai penyakit seperti kanker dan obesitas. Menyusui juga mampu menghemat pengeluaran Negara. Mengapa? Mayoritas susu formula yang beredar adalah produk impor, sehingga pengurangan konsumsinya akan lebih menguntungkan secara nasional.
Dalam acara ini AIMI Jawa Timur bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Surabaya. Acara ini di hadiri oleh para kader Pembina Kampung ASI dan beberapa undangan dari kalangan ibu hamil dan menyusui serta rekan-rekan dari media massa. Selain memberikan informasi tentang pentingnya menyusui acara ini juga mensosialisasikan pemberian MPASI (Makanan Pendamping ASI). 

 Para kader pembina Kampung ASI juga menceritakan pengalaman mereka selama mendamping ibu-ibu menyusui yang ada diwilayah kampung ASI. Mereka bercerita bahwa agar ibu dapat sukses menyusui membutuhkan dukungan dari orang-orang disekitarnya, misalnya ayah dan nenek si bayi. Dukungan dari orang sekitar memang sangat signifikan bagi kesuksesan proses menyusui.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar