Rabu, 21 Desember 2016

SHARING KOMUNITAS

*Sharing Komunitas*
Hari : Selasa
Tanggal : 20 Desember 2016
Waktu : 10.30-13.00
Tempat : Badan Perpustakaan dan Kearsipan (Bapersip) Provinsi Jawa Timur
Jalan Menur Pumpungan No 27 Surabaya
Bismillah..
Alhamdulillah, kemarin Institut Ibu Profesional Surabaya menghadiri undangan dari Perpus Seru ( Coca Cola Foundation) yang belerjasama dengan Bapersip Provinsi Jawa Timur.
Acara sharing komunitas ini dihadiri oleh 21 komunitas yang ada di Jawa Timur, antara lain IIP, Komunitas Hebat, FLP, FAM, Kompak, Kampung Dongeng dan lain sebagainya.
Ada tiga hal utama yang disampaikan dalam acara ini.
Pertama, memperkenalkan program perpus seru. Perpus seru adalah aebuah wadah yang bertujuan meningkatkan kapasitas perpustakaan sehingga mampu memberdayakan masyarakat disekutarnya. Dimana perpus seru memiliki tiga kegiatan, yaitu :
1. Peningkatan Kapasitas SDM yang terdiri dari kelompok pemuda, kelompok ibu dan kelompok pengusaha mikro.
2. Menjadikan buku sbg akses peningkatan kualitas hidup. Buku tdk hanya bahan bacaan semata, namun mampu menjadi motivator praktos dalam meraih kehidupan yang lebih baik.
3. Pemberian internet gratis. Di era digital seperti sekarang ini, internet menjado referensi utama dalam mencari informasi. Dimana pada selanjutnya manpu menjadikan masyarakat lebih berdaya.

Kedua, acara ini diharapkan mampu mendukung transformasi perpustakaan. Perpustakaan tidak hanya sebagai tempat meminjam buku. Melainkan juga sebagai tempat masyarakat melakukan berbagai kegiatan, khususnya yang berhubungan dengan literasi.
Ketiga, acara sharing komunitas ini bertujuan untuk menjalin silahturahmi antara berbagai komunitas yang ada di jawa timur. Dimana tujuan berikutnya adalah menjadikan Bapersip Jawa Timur sebagai sekretariatan bersama bagi semua komumitas di Jawa Timur. Bapersip atau perpusda Jatim memberikan fasikitas tempat bagi acara-acara yang dilakukan oleh komunitas.
Harapannya semua komunitas yang ada mampu bersinergi untuk melaksanakan kegiatan yang bertujuam memberdayakan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar