Kamis, 19 Januari 2017

Bahasa Kasih

๐Ÿ’•๐ŸŒธ๐Ÿ’•๐ŸŒธ๐Ÿ’•๐ŸŒธ๐Ÿ’•๐ŸŒธ๐Ÿ’•๐ŸŒธ๐Ÿ’•๐ŸŒธ๐Ÿ’•

Bismillaahirrohmaanirrohiim..

๐ŸšŒ๐Ÿ“šKulwap Safari Grup HEbAT Surabaya๐Ÿ“š๐ŸšŒ

           
๐Ÿ“…waktu : *Rabu, 4 Januari 2017*
๐Ÿ•ฃpukul :  14.00 - 16.00 wib
๐Ÿ‘ฉ๐ŸปSafarior :  *Umi Shalihah*
๐Ÿ‘ฑ๐Ÿป‍♀Host : Juni Wati
๐Ÿ‘ง๐ŸปNotulensi : Miftakhul Amalya

๐Ÿ’•๐ŸŒธ๐Ÿ’•๐ŸŒธ๐Ÿ’•๐ŸŒธ๐Ÿ’•๐ŸŒธ๐Ÿ’•๐ŸŒธ๐Ÿ’•๐ŸŒธ๐Ÿ’•


      *Materi Pengantar*


 ➖➖  ♥ ♥♥
➖ ➖
*BAHASA KASIH & INSIDE OUT*
➖➖  ♥ ♥♥
➖ ➖

       oleh: Umi Salihah

Keberhasilan pendidikan, pengasuhan, sangat ditentukan oleh terciptanya sinergi ayah-bunda
______________________

*Sinergi adalah; ketika 1 + 1 hasilnya  >2*
______________________

Bagaimana ketika sinergi itu belum tercapai? Dalam keadaan misal;
๐Ÿ‘ฃSuami belum sadar atau belum mampu menyusun misi - visi keluarga
๐Ÿ‘ฃ Suami belum melek parenting
๐Ÿ‘ฃSuami belum sadar akan tanggungjawab mendidik.
๐Ÿ‘ฃdll.

Apakah yang dilakukan para istri / ibu? ๐Ÿ˜Š
❓Menjebloskan suami ke grup/ komunitas parenting?
❓Memaksanya hadir di workshop / seminar?
❓Mengiriminya / memaksanya membaca artikel2 parenting, ngetag di fb, dsb.

(Mohon maaf saya tidak sedang memojokkan pihak manapun ๐Ÿ˜,  hanya saja saya menyadari bahwa para hawa-lah yang biasanya _panic mode ON_)

๐Ÿ›กCara- cara diatas bukannya tidak berhasil, sering berhasil malah, namun pertanyaan saya: " Sukakah kita melakukan sesuatu yang bukan keinginan dari dalam hati kita?"
" Apakah kita memang melakukannya karena mau, karena kita memang mencintai pasangan & keluarga kita, ataukah sekadar untuk menyenangkan mereka?

Memaksa, menuntut, menjejalkan itulah
*OUTSIDE IN*

_Amal itu tergantung niatnya,  yang seharusnya  datang dari lubuk hati yang terdalam, atas dasar cinta & kerelaan_
*INSIDE OUT*

Lalu bagaimana mendorong pasangan agar terinspirasi & termotivasi untuk melakukan apa yang seharusnya ia lakukan, dengan sungguh2, atas dasar *cinta*?

Alih2 memaksa, menuntut, menjejalkan bahkan memgancam--yang ujung2nya pasti stress & frustasi karena harus diulang & diulang lagi, mari mulai  *mendukungnya, mempercayainya dengan memahami bahasa kasihnya*, berbicara dengannya dengan bahasa kasih yang ia pahami;  agar mampu memenuhi kebutuhan emosionalnya akan cinta, perhatian & pengakuan.

_Seseorang dengan tangki kasih yang penuh, ia akan merasa mantap, siap & terdorong untuk memunculkan potensi terbaik dari dalam dirinya_

➖➖๐Ÿ”น๐Ÿ”น๐Ÿ”น➖➖

         *Sesi Diskusi*

1⃣❓Mardiyah-sidoarjo

Saya termasuk orang yang baru terbangun akan pentingnya konsep parenting.kami blm ada visi/blue print yg jelas tentang teknis pengasuhan di keluarga kami.pernah mengajak diskusi bersama: ujung2nya suami bilang: saya percaya sama ummi aja..ummi yang berfikir aja, sy ngikut..

yg selama ini sy lakukan sy kpd suami tentang konsep parenting saya pelajari:ngetag suami atau WA tentang konsep tersebut,tp seringnya mengiyakan..tapi sy merasa kurang ada semangat utk melaksanakannya.
Ketika ada workshop parenting, tdk bs berdua bersama2 krn masih ada baby dan Anak2, jd klo ikut bareng2 malah gak optimal..

Dan terkadang, suami merasa krn waktunya terbatas dg Anak2, dia ingin memanfaatkan waktu tsb dg sesuatu yg "menyenangkan" Anak2 yg terkadang itu tdk sesuai dg aturan yg sy terapkan.
Bagaimana menurut bunda ummi ttg kasus ini?

๐Ÿ…ฐJawaban

Bunda Mardhiyah, luar biasa semangat bunda utk jadi orangtua yang 'semestinya'❤

Mengutip ust. Adriano; fitrah seorang ayah adalah *man of vision & mission*, sedangkan fitrah seorang istri adalah sebagai *pelaksana harian*.
Akan sangat berat saya rasa jika ada pertukaran peran.
Akan tetapi tidak lantas harus panik juga bunda, semua ada prosesnya, perlu dijalani dgn ikhlas. Selalu memberi dukungan & kepercayaan kepada beliau, bahwa beliau mampu, itu salah satu caranya. Mohon maf kebanyakan kita panik setelah seminar parenting, karena melihat pembicara yg laksana matahari lalu menengok rumah sendiri laksana lampu bohlam ๐Ÿ™๐Ÿ˜Š☑

2⃣❓Aprilia Surabaya

Bun Umi, bgmn jika suami sering menyalahkan ttg keputusannya utk mengambil kerja sampingannya, dia merasa menyesal krn kurang fokus dlm mendampingi pendidikan anak-anak. Padahal menurut sy sih krn manajemen waktu beliau saja yg kurang bagus. Saya menyarankan utk membuat jadwal, mind mapping dsb.. Tapi beliau lbh suka mengalir dan spontan saja, alhasil saran saya diabaikan.. Bahasa yg spt apa nih bun, agar kita berdua bisa bersinergi mendidik anak-anak bersama.

๐Ÿ…ฐJawaban

Hai Bunda Aprilia...๐Ÿ’•
Kebutuhan untuk dihargai /pengakuan termasuk sesuatu yg mendasar. Saya kira pada dasarnya setiap org tidak suka dipojokkan atau dipersalahkan bahkan ketika ia nyata2 salah sekalipun.
Perlakuan kita memojokkan hanya akan membuat bliau membangun benteng, akhirnya apa yg kita sampaikan mental terus.
Bahasa kasih punya peran penting disini sebagai kunci pembuka untuk masuknya hal2 yg kita ingin pasangan kita mendengarkan bahkan melakukan.
Alurnya,
kita kenali tipe bahasa kasihnya➡ bicara dengannya dgn bahasa itu➡ kebutuhan emosi pasangan terpenuhi (tangki kasihnya penuh)➡Mau mendengar ➡Muncul motivasi internal dr dlm dirinya utk berubah
Ini yg saya sebut langkah *Inside Out* ❤


3⃣❓fitri - sidoarjo
Bunda umi mohon penjelasan dan contoh dari 5 bahasa kasih tersebut?
Dan Bagaimana caranya kita memotivasi / merubah pasangan agar ia melakukan hal tsb / berubah dgn cinta n kesadaran? Terimakasih ✅
๐Ÿ…ฐJawaban

๐Ÿ’Ÿ Salam hangat untuk bunda Fitriah...

Comtoh praktek 5 bahasa kasih sederhana saja bun..
❣Kata2 pendukung (encouragement), bisa berupa pujian, atau dukungan utk menaikkan kepercayaan diri atau bagi si peragu
❣Waktu berkualitas
➡ mengobrol intensif atau menghabiskan waktu berdua saja,jalan2, nonton dsb.
❣Pelayanan ➡ buatkan teh manis, masak makanan kesukaan dsj.
❣Menerima hadiah➡ bisa berupa materi maupun kehadiran di saat2 penting
❣Sentuhan fisik➡ bisa berpa genggaman tangan, mengelus punggung, pelukan dll

Kita memulai, insyaAllah ada respon timbal balik dr pasangan ๐Ÿ˜Š


 *Tanggapan*

๐Ÿ™‹๐Ÿผ๐Ÿ™‹๐Ÿผ‍♂๐Ÿ™‹๐Ÿฝ๐Ÿ™‹๐Ÿฝ‍♂๐Ÿ™‹๐Ÿป๐Ÿ™‹๐Ÿป‍♂

1⃣❓Aprilia

Cara mengenali bahasa kasih pasangan bgmn bun ya? ๐Ÿ˜…

๐Ÿ…ฐJawaban

Nah...
Ini pasti yg dinanti2...
Saya bagikan toolsnya...๐Ÿ˜Š

[Terlampir]

2⃣⁉ Hasri Ardila

Menjaga konsistensi bahasa kasih bagaimanapun, melihat kedua pasangan memiliki dua sifat yg brbeda

๐Ÿ…ฐJawaban

Justru itu bund, mempelajari bhs kasih itu ibarat mempelajari bahasa yg berbeda supaya kita bisa bicara dgn si dia & dia mengerti serta mampu menangkap maksud kita

Perumpamaan bahasa kasih ini begini..
Saya bicara dgn bahasa jawa & hanya ngerti bhs itu
Suami bicara pake bhs inggris  & hanya ngerti bhs itu.
Jadi kalau saya bilang ke bliau "aku tresno sliramu"--aku cinta padamu dlm bhs jawa, pasti dia ga bakalan ngerti biar diulang seribu kali setiap hari pun. Maka saya putuskan belajar bahasa inggris lah dikit dikit, cuma biar bisa bilang "i love you" aja supaya bliaunya ngerti...
Gitu ๐Ÿ˜Š
Silahkan dianalogikan dgn bhs kasih

3⃣❓Yarda

Masya Allah ternyata ada toolsnya...jd kalo kita ingin tahu bahasa kasih suami maka suami yang mengisi ya bunda umi?

๐Ÿ…ฐJawaban

Yup...
Masing2 ngisi..
Klo udah kenal banget ya, dgn observasi & empati aja bisa dan lebih akurat ๐Ÿ˜Š

Oiya, supaya lebih jelas akan saya bagikan juga resume buku *5 Bahasa Kasih*
InsyaAllah...

Saya Ashar dulu sebentar nggih.. ๐Ÿ™๐Ÿ˜Š

4⃣❓ Yarda
bahasa kasih disini bisa kah kita gunakan kepada anak-anak?

๐Ÿ…ฐJawaban

Sangat bisa bunda..
Cara termudah utk mengenali bahasa kasih pada anak2 adalah dgn melihat bagaimana dia mengungkapkan sayangnya pada kita/orang lain...

5⃣❓ Juni Wati

Beda anak beda ungkapannya, ya Bund..
Anak saya dua lain2 caranya

๐Ÿ…ฐJawaban

Betul bund..๐Ÿ˜Š

❤Link resume buku 5 Bahasa Kasih

https://drive.google.com/file/d/0B0LFRNQGQepWZHduSjZHSW9iY1E/view?usp=docslist_api

6⃣❓Aprilia

Kl anak2, brarti qt yg mengisikan tools tsb ya bun

๐Ÿ…ฐJawaban

Bisa begitu bund, bisa juga diamati

*Closing*

๐Ÿ‘ฑ๐Ÿป‍♀ *Host*

Terima kasih banyak bunda Umi Salihah yang telah membagi ilmu2 indahnya kepada kita,
Terimakasih juga kepada ayah bunda HEbAT semua..., para arsitek peradaban yg selalu semangat menimba ilmu.

Sebagai rangkaian akhir kulwap kita sore ini, marilah kita tutup dg membaca istighfar 3x dan do'a kafaratul majelis:

ุณุจุญุงู†ูƒ ุงู„ู„ู‡ู… ูˆุจุญู…ุฏูƒ ุฃุดู‡ุฏ ุงู† ู„ุง ุฅู„ู‡ ุฅู„ุง ุฃู†ุช ุฃุณุชุบูุฑูƒ ูˆุขุชูˆุจ ุฅู„ูŠูƒ

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaik

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Jazakumullah Khairan Katsiran…
Kami dari tim mohon undur diri.
Selamat beraktifitas kembali ayah bunda HEbAT semua,

Wassalamu'alaikum wr wb ๐Ÿ™๐Ÿ˜Š

Terima kasih semua...

๐Ÿ”š๐Ÿ”š๐Ÿ”š๐Ÿ”š๐Ÿ”š๐Ÿ”š๐Ÿ”š๐Ÿ”š๐Ÿ”š๐Ÿ”š๐Ÿ”š๐Ÿ”š๐Ÿ”š๐Ÿ”š

Tidak ada komentar:

Posting Komentar