Kamis, 23 Maret 2017

Family Project





Tantangan ketiga kelas bunda sayang kali ini adalah membuat proyek keluarga. Projek keluarga adalah aktivitas yang secara sadar dibicarakan bersama, dikerjakan bersama   oleh seluruh atau sebagian anggota keluarga dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara bersama pula. Hal pertama yang kami lakukan adalah membuat family forum. Kami mendiskusikan proyek apa yang akan kami lakukan selama sepuluh hari kedepan. Tentunya yang banyak membuat rencana proyek adalah kami berdua. Chacha adalah anak yang selalu antusias dengan kegiatan bersama, karena usianya masih empat tahun mungkin dia lebih banyak mengikuti apa rencana kami. Namun saya sempat juga menanyakan apa yang ingin dia lakukan bersama kami, beberapa yang dia inginkan ternyata sejalan dengan apa yang kami rencanakan.
Selama sepuluh hari kedepan kami merencanakan membuat enam proyek keluarga.
1.      Membuat Taman
v  Sasaran :
Memelihara tanaman merupakan salah satu sarana dalam menumbuhkan fitrah keimanan. Maka kami berkeinginan membuat taman di depan rumah sebagai sarana pembelajaran Chacha dalam memahami fitrah keimanan dan fitrah belajar.
v  Sarana :
Alat-alat yang dibutuhkan : alat-alat berkebun, berbagai jenis tanaman dan pupuk.
v  Sumber Daya Manusia :
Penanggungjawab : Bunda
Pelaksana : Ayah, Chacha
v  Waktu :
24-26 Maret 2017
2.      Membuat Salad
v  Sasaran :
Menfasilitasi Chacha yang selalu suka dengan kegiatan masak-memasak. Kami ingin mengajaknya membuat kudapan sehat yang sederhana, yaitu membuat salad buah. Selain itu juga membuat Chacha suka makan buah. Dia biasanya selalu suka memakan makanan yang dia buat sendiri. Harapannya dia akan suka buah, karena dia terlibat dalam membuat salad. Kami sebagai orangtua juga mulai belajar untuk memilih kudapan yang lebih sehat. Mengurangi lemak-lemak di badan, he he..
v  Sarana :
Tentunya bahan yang kami butuhkan adalah buah-buahan segar , yaitu apel, pear, buah naga, melon dan semangka. Juga mayonese, keju dan susu kental manis sebagai toppingnya.
Alat-alat yang dibutuhkan antara lain : telenan, pisau, sendok dan wadah untuk tempat salad.
v  Sumber Daya Manusia :
Penanggungjawab : Ayah
Pelaksana : Bunda dan Chacha
v  Waktu :
27 Maret 2017.

3.      Membereskan Lemari Baju
v  Sasaran :
Menata lemari baju agar lebih rapi. Memilih pakaian yang masih bisa digunakan dan yang sudah tidak bisa digunakan bisa diberikan kepada orang yang lebih membutuhkan. Mengajarkan Chacha untuk menjaga kerapian sekaligus belajar berbagi pada sesame.
v  Sarana :
Kardus untuk menyimpan pakaian yang sudah tidak digunakan namun masih layak untuk diberikan kepada yang lebih membutuhkan.
v  Sumber Daya Manusia :
Penanggunjawab : Ayah
Pelaksana : Bunda, Chacha
v  Waktu :
28 Maret 2017
4.      Membereskan Lemari Buku
v  Sasaran :
Menata kembali buku-buku yang ada, sebab beberapa hari yang lalu ada koleksi buku baru milik Chacha dan Aluna. Menata buku-buku anak-anak di tempat yang mudah mereka jangkau. Sebab mereka masih balita, Chacha (4 tahun) dan Aluna (1 tahun).
v  Sarana :
Lemari buku
v  Sumber Daya Manusia :
Penanggungjawab : Ayah
Pelaksana : Bunda dan Chacha
v  Waktu :
29 Maret 2017
5.      Mensortir Mainan
v  Sasaran :
Memiliki dua anak balita tentu akan membuat rumah kami penuh mainan. Berhubung usia mereka masih masuk dalam usia pra latih (0-6 tahun), untuk mengembangkan ego sentrisnya secara optimal kami berencana memisah mainan mereka berdua. Dengan demikian mereka berdua bertanggungjawab pada mainannya masing-masing.
v  Sarana :
Box penyimpanan mainan, spidol, dan kertas karton.
v  Sumber Daya Manusia :
Penanggungjawab : Ayah
Pelaksana : Bunda dan Chacha
v  Waktu :
30 Maret 2017
6.      Menata Ulang Teras Rumah
v  Sasaran :
Menjelang setahun kepindahan kami di rumah baru, keadaan teras rumah masih menjadi PR yang belum terselesaikan. Kami ingin teras lebih terlihat rapid an lapang, sehingga anak-anak tetap leluasa bermain di teras rumah. Oleh karena itu kami perlu memilih lagi mebuang barang-barang yang sudah tidak dipakai. Selain suami dan anak-anak, di rumah kami ada mama saya dan kedua adik lelaki saya. Menata teras adalah proyek besar, oleh karena itu selain keluarga inti kami juga akan melibatkan mama dan adik-adik saya.
v  Sarana :
Alat-alat kebersihan
v  Sumber Daya Manusia :
Penanggungjawab : Ayah
Pelaksana : Bunda, Chacha, Mama Uti, Om Eky dan Om Adam
v  Waktu :
31 Maret – 2 April 2017
#TantanganHari1
#Level3
#MyFamilyMyTeam
#KuliahBunsayIIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar