Kamis, 23 Maret 2017

Langauge 1

Language



2. Preparation of writing and reading skill.

Ini adalah topik yg paling seru dan menantang. Membaca dan menulis!

Dalam Montessori, menulis lebih dl diajarkan drpd membaca. Loh? Kok gt? Why?

Karena, menulis itu kita menuangkan isi pikiran kita, sedangkan klo membaca, kita 'melihat' isi pikiran orang lain.

Menulis dan membaca bisa diajarkan pada anak antara umur 4-5an tahun. So, why worry and rush our kid to learn how to read, mommy?

Lalu sebelum anak memcapai usia itu, kita gak ngapa2in? Enggak dong..

Semua material yg kita mainkan, secara enggak langsung mempersiapkan mereka utk menulis dan membaca kok. Misal, gerakan dilakukan dari kiri ke kanan  (untuk menulis), dari atas kebawah (untuk membaca). Di practical life kita menguatkan otot jempol, telunjuk, tengah, gunanya utk memegang pensil.

Lalu, apalagi prinsip yg bs kita ajarkan? Kita ajarkan mereka untuk menyukai huruf, mencintai tulisan bagaimana? Kasih mereka buku? Yes, salah satunya, yg lainnya nanti aku jabarkan detail, karena menurutku ini materi krusial, jadi harus dijabarkan banget banget.

Metode montessori itu adalah tentang menghargai dan mencintai proses.

Siapa disini yang enggak suka menulis? Mengarang misalnya? Ya karenaaa.. tidak terbiasa dengan deskripsi atau narasi.. nahh.. nyambung kan? Kenapa sebelumnya aku selalu bilang 'deskripsikan secara lengkap ke anak'. Yes mommy, karena kita mempersiapkan dia utk menulis, bisa berpikiran logic, pandai mempresentasikan sesuatu, dari 1 benda, dia bisa menulis dan menuangkan banyak kalimat dari pikirannya. :)

Lalu, siapa yg waktu kecil dl stres bgt klo disuruh belajar baca? *ngacung*. Itulah kenapa banyak dari kita akhirnya enggak suka baca, karena kita enggak suka proses belajar bacanya itu. Akhirnya stress bgt tiap liat buku tebel, males baca narasi panjang2.

Kalo kita mengajarkan baca tulis dengan metode montessori, Inshaa Allah mereka akan senang riang gembira klo disuruh melakukan 2 hal itu, gimana caranya? Mareeehh kita bahas!

- Pengenalan huruf.

Sebelom belajar nulis baca, ya pastinya kita harus kenalin ama huruf dulu dong kan yaahh..

Gimana caranya?

Apakah dengan cara ngapalin lagu A B C? No.

Menuliskan huruf A sampe 1 halaman kertas? Apa faedahnya? Oke dia hapal huruf A, esensi huruf A-nya gmn? Yg ada dia stres dan lelah klo disuruh nulis gt..

Huruf sendiri sebenarnya diajarkan di montessori utk anak umur 2,5 th.. jd klo kamu gak ngajarin ABC ke dia skrg, ya gapapa.. gausah iri dan kecil hati sama anak orang yg umur kurang 2 th udh bisa ABC in english or bahasa. Enggak menjamin pas gedenya dia suka baca kok. Tujuan kita kan gimana supaya anak suka membaca kan? Betul begituh?

Oke jd gmn ngajarinnya? Sensoris.

Tp kali ini yg berperan adalah pendengaran dan visual.

Di montessori, kita belajar huruf pake LMA (large moveable alphabet), terbuat dari kayu, tipis, presisi. Konsonan warna merah, vokal warna biru.

Cara belajarnyapun bukan dengan nyebut nama hurufnya, tapi dengan PHONICS alias pelafalannya. Kalo kalian bingung apa itu phonics, buka aja youtube tentang phonics song yaaa..

Sama aja mau bahasa apa juga, ya ajarinnya pelafalan.

Misal:

English aja yahh. Ngajarin huruf U, kita kenalin bukan dengan 'U' tapi dengan 'aa'.huruf C kita kenalin dengan 'keh'.

Bahasa Indo juga gitu, sesuaiin aja pelafalannya.

Jadi kalo mau ajarin dia lagu, bukan ei bi si di i ef ji..

Tapi dengan lagu: A for apple, A for apple.. Eh Eh Eh.. Eh Eh Eh (coba search phonics song-chuchu tv)..

Kok gt ngajarinnya? Iyaaa.. balik ke tujuan utama, esensi kita kenalkan huruf biar apaaa?? Yaasss utk baca tulis. Kalo kita kenalin dia dengan pelafalan, akan memudahkan dia utk tulis dan baca. Phonics ini udh bisa diajarkan dr umur 1th yaaa..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar