Kamis, 23 Maret 2017

Langauge 2

Language

2. Preparation of reading and writing skill II.

Setelah huruf dikenalkan dengan lafal dan benda konkritnya, lanjuut ke belajar menuliskannya..

Dengan apa? Sensori

Ditulis pake pensil di kertas? NO.

Kita pakai sandpaper letter, atau klo gakmau beli, ya belajar nulis di garam atau kinetic sand jg gapapa.

Cara mengenalkannya sama yaaa kyk dipostingan pengenalan benda.

Trus kapan belajar nulis kata-nya?

Pake LMA lagi, trus gini:
Ajarin dulu yg 1 suku kata, dan enggak ada persamaan bunyi pelafalan (misal B dengan D)

Ibu mau nulis CAT, Klo denger cat, ada kata apa aja? CEH, AA, TEH..

Trus suruh dia tarok huruf meja disamping LMA.

Trus lanjut ke kasih benda konkrit ke dia, misal mur.

Nak, ini namanya MUR.. tulisan MUR gmn? Em, U, ER. Tarok huruf disebelah bendanya.

Abis itu lanjut ke kartu.

Trus benda konkrit dicocokkan sama tulisan di kartu.

Lalu kartu (gambar), dicocokin sama kartu tulisan.

Percaya dehh.. you'll see a miracle.. mereka bisa melakukannya.

Membaca.

Jadi, untuk ibu-ibu yg anaknya msh kecik kecik, ga usab buru2 ngajarin baca yaaa.. mending ajarin mainan congklak deh bu, atau tamatin proses panjang montessori yg laen biar pemahamannya haqyuqyu. Hehehee

Okeee utk persiapan dia membaca, selain ajarin dia cinta sama buku, BIASAKAN DIA MELIHAT TULISAN.

Kayak di foto ini, tempelin dah tuh tulisan 'meja' di meja, 'televisi' di TV, tempelin deh seisi rumah kalo bisa. Kenapaaa? Supaya anak udh terbiasa melihat 'ini meja, ohh tulisan meja tuh gitu'.

Trus dipostinganku ttg menulis sebelumnya, kenapa dikasih benda sama gambar? Itu supaya anaknya PD klo dia bisa bu.. :)

Misal nih, kita kasih dia benda buku, trus kita suruh dia nulis BUKU dengan bantuan kita yg melafal katanya pake LMA, dia sudah percaya diri lebih dulu karena dia tau benda yg mau dia tulis tuh buku, 'ohh aku mau nulis buku nih.. ya ya yaaa ahh gampang'.

Itulah kenapa anak2 jd lbh fun belajar nulis dan baca, karena dia PAHAM apa yg dia tulis (yg secara enggak langsung, sekalian dia baca juga, hehehee..) dan dia percaya diri melakukannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar