Kamis, 23 Maret 2017

Matematika

Matematika.

Siapa disini yg denger matematika aja udah males?? SAYAAA!!!

klo ditanya kenapa jd dokter? Pasti aku jawab: karena aku benci banget sama matematika.

Trus klo di montessori anaknya pasti jago matematika dong? Gak juga sih, klo anaknya tipe macem pinan gini ya tetep aja enggak expert di matematika.

Maksudnya gini, ada anak tertentu, kayak aku misal, yg menonjol di bidang language, cepet bgt 'nangkep dan nginget' klo dikenalin benda baru, tp aku so so aja di matematika, begitu juga sebaliknya. Meskipun udh distimulasi dengan benar. Nahhh salah satu kelebihan metode montessori ini, ibu-ibu bakal 'ngeh' dari awal bgt anaknya suka dan cenderung kemana, dia akan 'mengarahkan' kita secara enggak langsung.

Tapi, meskipun engga menonjol, mereka biasanya cinta sama matematika. Karena apa? Yes. Basicnya kuat, logikanya dapet, dan tentu saja belajarnya fun!

Anak montessori biasanya di umur 5th udh bisa konsep ganjil genap, menjabarkan 4 digit angka. Misal lima ribu tujuh ratus tiga puluh empat. Yes. They can explain it easily.

Gimana awal belajarnya? SENSORI.

Aku udh bahas yaaa sblm2nya klo kita persiapkan anak secara enggak langsung utk belajar matematika. Nahh klo belajar huruf, kita pake pendengaran, belajar angka, kita ngapain?

Hapalin 1 2 3? No.

Sekali lg aku ingetin, jangan iri liat anak umuran blm genap 2 th udh apal 123 wan tu tri. Ya gapapa sih, itu bagus kok, enggak salah. Tapi apa dia ngerti konsep 123? Apakah dia tau sebanyak apa 1 itu? Belum tentu. Anak biasanya ngerti konsep itu around 2,5 sampe 3 tahun.. so, mamak, why you so in a rush? :).

Proses matematika ini panjang sih ya emang. Sabaaarr.. ajarin anak utk hargai proses.

Kita pake number rod. Number rod ini juga kusaranin beli di distributor yaaa.. bisa diajarkan utk anak seumuran Asa kok. Jd kita pertama kali engga kenalin angkanya loh, atau apalin urutannya, kita ajarkan taktilnya. Seberapa banyakkah 2? Atau 3?.

Lalu kenapa sampai 10? Iya. Kita bikin dia expert bgt sampai 10, setelah itu, akan mudaaahh bgt ngajarin konsep ribu2an ke dia.

Tapi untuk anak yg lbh kecil, kurang dr 2th, gapapa klo kita ajarkan sampai 5 dlu, setelah dia paham banget2 konsepnya, baru lanjut sampai 10.

Nahhh baru deh setelah itu kita belajar angkanyaaa.. caranya pake sandpaper numbers, atau belajar nulis pake garem atau kinetic sands.


Spindle box.

Ini banyak kok jualan yg KW, menurutku gausah beli yg ini.

Ini ngajarin konsep zero is nothing. 1 itu sebanyak apa ya? Wahhh kalo 10 itu banyak yaaa stiknya, sampe gak cukup kepegang 1 tangan.


Cards and counter.

Inget yaaa.. prinsip pengajaran montessori. Konkrit ke abstrak. Meskipun matematika abstraknya ajubile.. tp sebisa mungkin kita konkritin ahhahaa..

Cards and counters gunanya buat konsep ganjil genap. Gimana ngajarinnya?

Contersnya nyusunnya persis kayak foto ini yaaa..

Nahh trus klo udh kesusun gini, tarik garis lurus, kalo mentok, berarti ganjil, klo enggak mentok berarti genap.

Atau bs juga ajarin ke anak gini 'coba kita liat angka 4, masing2 ada pasangannya yaaa.. ada temennya, berarti genap.. klo 5, ada yg gapunya temen, berarti 5 ganjil'.

Gold beads.

Ini juga harus beli, ya kalo mamak2 disini bisa menemukan yg beginian sih gapapa banget yaaa..

Ini ngajarin konsep satuan, puluhan, ratusan, ribuan, dengan cara yg simpeeeel banget. Anak jd tau kalo waaawww seribu itu banyak banget yaaa beadnya, kalo seratus itu beadsnya serenteng, klo 10 beadnya segaris. Ya itu sih terserah mamaknya aja ngejelasinnya gimana. Hehehee

Lalu. Rentengan beads yg paling banyak, tarok paling kiri, kenapa? Karena utk memudahkan anak membacanya. Misal: tiga ribu empat ratus lima puluh dua. 3 gepok gold beads yg seribu ditarok paling kiri, trus 2 butir satuannya paling kanan. Gampaaang..

Setelah itu ya kita kombinasi aja, main pake kartu trus anaknya diarahin tarok gold beads disebelahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar