Kamis, 23 Maret 2017

Materi Terakhir

Oke pembahasan terakhir yaaa..

Dari beberapa hal yg diajarkan, mungkin aja anak bisa expert dan cepet bgt nangkep di satu hal, tapi keliatan enggak tertarik ama yg lain. Kenapa?

Ya balik lg ke fase sensitifnya, itulah makanya kita harus peka banget ama fase ini, karenaaa.. kalo fase sensitifnya lewat, akan lbh susah utk dia 'menangkap' disaat kita ajarin di waktu selanjutnya.

Outcome anak yg dididik montessori:

Mereka jd anak disiplin dan mematuhi aturan.

Mereka jd anak yg percaya diri dan tahu apa yg mereka minati dr kecil.

Mereka jd orang yang menghargai proses, dan jika gagal, mereka akan cepat bangkit lg dan mulai dr awal.

Mereka jd mencintai sekitarnya, sayang binatang, sayang lingkungan. Karena kita sudah tanamkan dari kecil bgt konsep culture.


Okee.. sampai disini pembahasan montessorinya.. tentu aja setiap teori atau metode, pasti ada kelemahannya.. Montessori juga bgtu kok. Saya sendiri menemukan beberapa kelemahan dari teori ini. Dan kita dr sekarang bisa 'memperbaiki' dan menyempurkan dengan cara kita sendiri.

1. Kalo di montessori, meskipun ada milestone perkembangan anak, tapi klo ada keterlambatan misal umur 18 bulan blm bisa jalan, umur 16 bulan belum ada kata. Dibiarkan aja, lama2 mereka akan bs sendiri. Klo utk begini, saya sebagai dokter engga merekomendasikan yaa.. ya memang anak nantinya akan bisa dengan sendirinya, tapi, semua keterlambatan harus ada intervensi medis.

2. Salah satu outcome anak montessori adalah perfeksionis, semua harus sesuai dengan 'porsi'nya. Nahh disini bisa kita kasih tahu pelan2 bahwa semuanya enggak harus perfek. Kita harus ajarkan dia fleksibel.

3. Anaknya jd enggak terbiasa disalahkan. Karena kan klo dia lagi mengerjakan sesuatu, kita engga boleh kasih interupsi atau menyalahkan. Tapi disatu sisi, disaat dia sekolah atau bergaul, kemungkinan besar dia akan ditegur karena dia salah. Bagaimana peran kita sebagai orang tua? Kalo saya sih yaaa.. memang pada saat dia 'bekerja', kita enggak kasih interupsi, tapi setelah pekerjaannya selesai, baru deh kita kasih tau kalo dia salah, di bagian mananya, dan bagaimana solusinya.

4. Anak montessori akan tumbuh berbeda dari anak lainnya.

Di umur 5th, bisa aja dia udh hapal sistem digestif karena memang dia sensitifnya di bagian science, dan kemungkinan dia merasa bahwa engga ada anak seusianya yg bisa diajak cerita dan bahas ttg sistem itu. Disini kemampuan orangtua sangat diperlukan untuk tetap memberi pengertian ke anaknya bahwa kemungkinan anak lain blm diajarkan oleh ortunya, mereka belum tau..

Tapi, di satu sisi, anak montessori jg rentan kena 'ego trap' karena dia out of the box.. seyogyanya kita sebagai orangtua mengajarkan dia utk selalu humble, menghargai perbedaan, yg berbeda sama kita bukan berarti salah..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar