Kamis, 23 Maret 2017

Sensori 1

Sensori.

Lanjut ke sensori. Jadi klo di montessori, semua harus dipegaaaang!!! Makin banyak dipegang makin pintaaar.. hehhehee.. atau klo utk anak yg kurang dari 15 bulan, pegang dan makan yaaa.. :D


Utk bab sensoris, ada beberapa mainan yg diperkenalkan, aku bahas yaa

Pink tower.

Mengajarkan konsep besar kecil.

Knob cylinder

Ada 4 series, ada yg khusus diameter, tinggi ke rendah.

Brown stairs

Konsep tinggi ke rendah. Ini berat yaaa jd harus hati2 klo dimainin sama anak yg lbh kecik.

Knobless cylinder

Sama yg knob cylinder tp ini kita bikin kyk menara.

Long rod.

Konsep panjang pendek.

Ini adalah sensori basic yaaa..

Jd klo utk basic, kita lebih ke visual, dan perabaannya adalah yaitu td, besar kecil tinggi rendah panjang pendek. Sensori ini juga secara gak langsung mengenalkan anak pada konsep volume, berat ringan benda, dan semua itemnya terdiri dari 10 item. Pink tower kubusnya ada 10, long rod tongkatnya ada 10. Dst. Why? Karena utk mempersiapkan anak di matematika. Kenapa 10? Enggak 5 aja gt? Yaaa klo anak yg msh kecil bgt gapapa kok, tp klo 2th keatas, pemahamannya dikasih tau sampai 10 yaaa..

Kalo apparatus montessori yg lain, aku pikir kita bisa akalin dengan cara bikin sendiri atau print atau kita variasiin, asal prinsipnya sama. It's totally okaay.. Tapiii.. kalo untuk sensori basic. No. Aku enggak nyaranin. Bahkan aku engga nyaranin beli apparatus ini ke yg selain distributor montessorinya.

Why?

Karena ini materialnya presisi bgt, kalo di video ini, aku nunjukinnya di long rod, jd selisih antara tongkat yg lbh panjang ke yg pendek 1 tingkat dibawahnya, adalah sepanjang tongkat yg paling pendek, yagitudeh yaaa liat aja videonya hahahaa.. pink tower jg gt. Dan ke-presisian ini ada tujuannya, anak montessori klo belajar sensori basic ini, sampai ke pemahaman si 'selisih'nya. Satu materi engga selalu mentok ke 1 kegiatan. Di olshop ada yg jual pink tower setengah harga dari yg dijual di distributor. Tapiii.. bagian bawahnya bolong, Hehehee..

DAN APPARATUS SENSORI BASIC INI ALAMAKJANG MAHAL BETUL HARGANYA WEEHH.



Knob cylinder. Harganya 1.500.000 sepaket. Pink tower sekitar 500an. Tower2an gt aja harganya setengah yuta mak! Tapiii pas liat betapa rapih potongannya, pasti bahagia deh.

Wahhh klo aku punya 2 anak, berarti banyak bgt dong keluar uwitnya, harus beli 2.

NO. Dalam montessori, HANYA BOLEH ADA 1 MATERIAL DALAM 1 RUANGAN. Karena anak2 diajarkan sabar, menunggu gantian, antri.

Jadi, enggak ada cerita tuh kalo kita lg antri, anak kita nyelak antrian, trus kita bilang 'namanya jg anak2' sambil senyum ke org itu. No. Ini salah satu budaya yg harus dihilangkan yahh bu.. jangan membenarkan yg salah hanya karena dia masih kecil. Jd gmn? Ya ajarkan yg baik seperti apa di rumah, terapkan saat di luar, kalopun suatu hari anaknya nanya 'ma, kok anak itu engga mau nunggu giliran, gapapa?' Ya kita cukup senyum dan bilang 'mungkin dia belum tau kalo kita harus giliran'.


Lanjut ke warna

Dalam pengenalan warna. Ada 3 kotak. Yang pertama, warna dasar. Yaitu kuning, merah, biru.

Untuk anak2 seumur Asa, cukup kenalin 3 ini aja dulu buibuk yaaa ndak usaj napsu.. hehehee.. setelah khatam tam tam tam tam.. lanjut ke kotak 2..

Bagaimana ngenalinnya? Ya sama aja caranya kyk ngenalin yg lain.

Untuk kotak ketiga, itu buat gradasi yaaa.. buat kegiatan extend sih itu.

Oiaaa sekalian mau bahas. Kalo di ruang kelas montessori, warna dindingnya putih, atau mentok warna pastel. Dindingnyapun bersih enggak ada tembelan apalah2 kyk teletabis atau apa layalnya TK pada umumnya. Bahkan karya anak2 muridnya ditempel dalam 1 corner aja gt kayak mading. Why?

1. Supaya engga banyak distraksi. Maenan montessori itu ngelatih konsen banget soalnya. Jd anak harus bener2 fokus.

2. Supaya anak juga terbiasa sama warna yg soft. Sama halnya kyk lidah kita yg terbiasa sama pedes, giliran dikasih yg bumbu asem garem doang pasti langsung engga selera. Gitu juga sama mata, klo terlalu sering kepapar warna jeng gonjreng, mata kita akan gak kebiasa sama warna soft.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar