Minggu, 28 Mei 2017

Septi Peni Wulandani : Panutan Para Ibu

Septi Peni Wulandani atau yang akrab di sapa Bu Septi adalah perempuan yang sangat saya idolakan.
Perempuan kelahiran Salatiga, 43 tahun yang lalu ini merupakan panutan para ibu.

Seorang ibu mempunyai peran terpenting dalam keberhasilan anak-anaknya. Di samping peran ayah sebagai imam keluarga, ibulah yang mengalami proses ikatan batin selama anak dalam kandungan. Setelah lahir, ibu pula yang memiliki kedekatan terhadap anak melalui proses menyusui.

Ibu mulai memainkan peran sebagai manajer dan sekolah pertama bagi anak-anaknya. Baik dalam mendidik anak-anak pra-akil baligh agar siap menjelang akil balighnya. Demikian besar peran seorang ibu dalam mengemban tugasnya mengantarkan anak-anak menjadi insan kamil (manusia sempurna).





Ibu memiliki urgensi dan peran ibu dalam keluarga. Setiap perempuan harus bertekad menjadi ibu profesional.

Apa itu Ibu profesional? Ibu profesional  adalah ibu yang bersungguh-sungguh menjalani tugas utama dan pertamanya sebagai pendidik anak-anaknya, pengelola keluarganya, menjalankan aktivitas produktif sesuai passion-nya, mandiri finansial tanpa harus meninggalkan anak dan keluarganya.

Berangkat dari pemikiran tersebut, maka pada tahun 2011 beliau mendirikan Institut Ibu Profesional (IIP).
Institut Ibu Profesional berusaha mewujudkan sosok ibu profesional tersebut dengan cara membekali para Ibu dengan ilmu-ilmu parenting, edukasi, psikologi, komunikasi, kesehatan, keuangan dll. Ibu Profesional adalah seorang pembelajar sejati yang tak pernah berhenti belajar memperbaiki diri. Guna mewujudkan sosok pembelajar sejati ini Institut Ibu Profesional mengadakan perkuliahan dan kegiatan sebagai berikut :

Bunda Sayang
Kegiatan dalam mengembangkan materi, teknologi, metode, peralatan dan pelatihan dalam melatih dan mengembangkan ketrampilan dasar anak . Kegiatan ini berupa kuliah rutin seminggu sekali. Kuliah berupa pembekalan Ilmu dan ketrampilan dasar dalam mendidik anak seperti belajar membaca dengan gembira, matematika yang mudah dan menyenangkan, mengaji dengan sukacita, megembangkan kreativitas anak, pola komunikasi yang sehat, bahasa Inggris dan lain sebagainya.

Bunda Cekatan
Kegiatan dalam mengembangkan materi, teknologi, metode, peralatan, dan pelatihan dalam mengembangkan potensi diri perempuan sebagai individu, ibu, dan istri. Pembekalan Ilmu dan ketrampilan dalam mengelola rumah tangga seperti menata rumah yang sehat, menyusun menu 10 hari, safety riding/safety driving, berinternet secara sehat, dan lain-lain.

Bunda Produktif
Kegiatan dalam mengembangkan potensi ekonomi para perempuan melalui pelatihan, pengadaan sarana, jaringan, dan pendanaan. Pembekalan Ilmu dan ketrampilan dalam mengelola financial keluarga dan kewirausahaan. Para ibu akan membangun jejaring ekonomi sehingga dapat mandiri secara financial.

Bunda Shalihah
Kegiatan dalam menumbuhkan karakter dan profesionalitas para perempuan/ibu. Pembekalan Ilmu dan ketrampilan dalam meningkatkan kualitas spiritual. Para ibu akan didorong untuk bersedekah ilmu secara lebih intensif.

Beberapa penghargaan yang beliau raih antara lain :
- Ibu Teladan Versi Majalah UMMI 2004
- Danamon Award 2006 kategori individu pemberdaya masyarakat
- Tokoh pilihan Majalah Tempo, 1 di antara 10 pemuda yang mengubah Indonesia
- Inovator Sosial pilihan Pascasarjana FISIP UI tahun 2006.
- Women Enterpreuner Award Ashoka Foundation USA 2007
- Tokoh Pendidikan Kesetaraan, ASAHPENA 2008
- Ikon 2008 bidang IPTEK versi majalah Gatra 2008
- Inspiring Women Award 2008 2009
- Kartini Award, versi majalah Kartini, 2009
- Pemegang hak merek dan hak paten Jarimatika, Abacabaca, JariQur’an, Nirmana, Fun Math.

Saya sendiri baru bergabung di IIP sejak dua tahun yang lalu.
Alhamdulillah sudah dua kali bertemu secara langsung dengan beliau.
Terimakasih Bu Septi, atas ilmu yang di bagi.
Semoga saya bisa menjadi seorang ibu profesional kebanggaan keluargaz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar